DAFTAR PERINGKAT PERGURUAN TINGGI TERBAIK DUNIA Hasil Pemeringkatan PT Terbaik Indonesia Negeri dan Swasta Versi Webometric

DAFTAR LENGKAP PERGURUAN TINGGI TERBAIK INDONESIA DAFTAR PERINGKAT PERGURUAN TINGGI TERBAIK DUNIA Hasil Pemeringkatan PT Terbaik Indonesia Negeri dan Swasta Versi Webometric. Setelah peringkat 4.icu diumumkan pada akhir Januari lalu, pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) lainnya, yakni Webometrics, kembali dirilis. Lihat perbandingan HTC One vs iPhone 5 vs BB Z10 dan tanda-tanda mantan pacar pingin balikan lagi.

Edisi terbaru ini menilai lebih dari 20 ribu perguruan tinggi dari 200 negara, termasuk 356 perguruan tinggi di Indonesia. Peringkat 10 besar tetap didominasi oleh PTN dengan tiga urutan pertamanya Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia (UI).

Adapun Universitas Gunadarma menjadi satu-satunya PTS yang menerobos dominasi PTN yaitu menempati peringkat 4, atau naik 2 tingkat dibandingkan edisi Juli 2012.

Berikut peringkat Webometric untuk 10 besar nasional edisi Februari 2013 serta peringkat 4icu Januari 2013.

DAFTAR 10 BESAR PERGURUAN TINGGI TERBAIK INDONESIA

Dibandingkan peringkat 4icu yang menitikberatkan pada popularitas website, peringkat perguruan tinggi Indonesia secara rata-rata lebih baik pada peringkat webometrics yang menggunakan 4 parameter penilaian yaitu Presence, Impact, Openness, dan Excellence.

Presence menunjukkan jumlah halaman web pada situs perguruan tinggi yang terindeks oleh Google. Impact diukur berdasarkan external inlink yang mengarah ke situs perguruan tinggi dari situs lain.

Openness menunjukkan jumlah dokumen yang terindeks di google scholar. Excellence merupakan jumlah publikasi international berdasarkan data dari Scimagojr.com yang membuat peringkat perguruan tinggi berdasarkan jumlah dan kualitas paper yang terindeks SCOPUS.

Jika dicermati, peringkat Webometrics mulai diarahkan pada kualitas konten dan publikasi ilmiah di jurnal international. Justru pada aspek inilah perguruan tinggi di Indonesia masih relatif lemah.

Peringkat terbaik di Indonesia untuk Excellence ditempati oleh UI, namun peringkat dunianya hanya 1.734. Peringkat PT di Indonesia tergolong tinggi pada aspek openness yang menempatkan ITS pada nomor 13 di tingkat dunia.

Hal tersebut menunjukkan perguruan tinggi mulai menerapkan kebijakan open content sehingga banyak mengunggah berbagai format dokumen ke situsnya. Parameter presence pun tergolong baik dan menempatkan ITB sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam hal jumlah halaman web, sekaligus menempati peringkat 179 di dunia.

Universitas Gunadarma menjadi nomor satu di Indonesia untuk parameter Impact dan menempati peringkat 148 di tingkat international.

Di wilayah regional, Indonesia diwakili oleh 35 PT pada Top 100 ASEAN dengan UGM menempati posisi ke-10 di ASEAN. UGM, ITB, UI, dan Gunadarma menjadi wakil di Top 100 Asia (tidak termasuk mediterania) yang peringkat tiga besarnya ditempati National Taiwan University, University of Tokyo, dan Kyoto University.

Namun wakil Asia belum berhasil menembus dominasi perguruan tinggi Amerika Serikat di Top 10 Dunia yang tiga besarnya ditempati Harvard, Stanford, dan MIT.

Berikut Top 10 dunia, Asia/Pasifik, dan ASEAN versi Webometrics Edisi Februari 2013.


DAFTAR 10 BESAR PERGURUAN TINGGI TERBAIK DUNIA DAN ASIA


DAFTAR 10 BESAR PERGURUAN TINGGI TERBAIK ASEAN

Comments