INILAH PENGAKUAN WIWIN Korban Di Video Youtube Kekerasan Densus

FOTO KEKERASAN DENSUS 88
ISI PENGAKUAN WIWIN Korban Di Video Youtube Kekerasan Densus. Wiwin Kalahe alias Tomo, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Petobo Palu, Sulawesi Tengah, mengaku menjadi korban kekerasan oleh polisi. Dia mengaku sosok di video yang beredar luas di YouTube adalah dirinya. Ia mengaku video itu sudah pernah dilihatnya pada 2008 lalu. Lihat: VIDEO Kekerasan Densus 88 Beredar di Youtube.

Wiwin mengatakan tak tahu dari mana video tersebut bisa beredar. Ketika ditanyakan apa yang terjadi dalam video, Wiwin menghela nafas panjang. "Ini risiko, mau diapakan lagi," katanya. Wiwin ditangkap pada Januari 2007. Ia dituduh melakukan mutilasi terhadap tiga siswi Poso 2005. Wiwin divonis 19 tahun penjara.

Kasus video ini menuai banyak sorotan. Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) mulai menyelidiki kebenaran video. Mereka mendatangi Wiwin, Tugiran, dan Iin yang terekam dalam video tersebut.Komisioner Siane Indriani di Lapas Palu mengatakan para warga binaan Lapas yang terjerat kasus Poso itu adalah korban kekerasan yang ada di dalam video tersebut. Bahkan, Wiwin dan Tugiran mengaku mereka pernah melihat video tersebut tahun 2008 silam.

"Makanya mereka bertanya, kenapa baru dibuka sekarang di saat para saksi sudah kemana-mana dan sulit dikumpulkan kembali," kata Siane Indriani. Menurut dia, dari pengakuan Wiwin, terungkap bahwa saat itu terjadi kontak senjata antara warga di Tanah Runtuh dengan aparat keamanan (Densus 88 Anti Teror dan Brimob).

Ketika ada salah seorang tertembak, Wiwin kemudian menemui korban tembak itu. Wiwin membuka baju kemudian tangannya diangkat sebagai isyarat menyerah, tapi dia tetap ditembak. 

"Dengan adanya video ini, mau tidak mau kita akan buka kembali kasus tahun 2007 itu sebagai bagian dari beberapa data yang kita kumpulkan. Mereka ini korban konflik, maka kita harus lebih hati-hati dan dan proporsional," kata Siane.

Comments