VIDEO YOUTUBE ISI PIDATO SBY AMBIL ALIH KENDALI PARTAI DEMOKRAT 2013 Alasan SBY Pimpin Perombakan Partai Demokrat

VIDEO YOUTUBE ISI PIDATO SBY AMBIL ALIH KENDALI PARTAI DEMOKRAT 2013 Alasan SBY Pimpin Perombakan Partai DemokratVIDEO YOUTUBE ISI PIDATO SBY AMBIL ALIH KENDALI PARTAI DEMOKRAT 2013 Alasan SBY Pimpin Perombakan Partai Demokrat. Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan langkah dan upaya penyelamatan partainya. SBY akan memimpin langsung perombakan partainya. Sanksi akan diberikan bagi mereka yang membangkang. Baca YOUTUBE VIDEO ALASAN IBAS MUNDUR DARI ANGGOTA DPR 2013 Foto Gaya Absen Ibas

"Dan yang saya bicarakan malam ini maka secara ringkas saya akan menyampaikan opsi dan solusi yang akan ditempuh dan dijalankan PD untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh PD," kata SBY dalam jumpa pers di Cikeas, Bogor, Jumat (9/2/2013) malam.

Berikut pidato lengkap SBY:

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr Wb, salam sejahtera untuk kita semua.

Saudara-saudara sebagaimana saudara ketahui baru saja saya memimpin pertemuan majelis tinggi Partai Demokrat diperluas. Maksud saya di samping seluruh anggota majelis tinggi juga hadir Ketua Fraksi PD DPR, Wakil Ketua Komisi pengawas dan para menteri yang berasal dari PD.

Sebelum saya menyampaikan hasil pertemuan ini atau apa yang saya sebut dengan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh PD dewasa ini saya ingin menjelaskan, karena pengertian masyarakat belum lengkap, apa itu yang disebut majelis tinggi partai.

Saudara-saudara

Struktur organisasi PD utamanya terdiri,

1. Dewan Pembina PD. Saya ketuanya
2. Dewan Pimpinan Pusat PD Ketum Anas Urbaningrum
3. Dewan Kehormatan PD. Ex oficio saya sebagai Ketua Dewan Kehormatan dan Ketua Umum PD sebagai wakilnya

Di bawah dewan kehormatan ada komisi pengawas dan semua elemen itulah yang membentuk majelis tinggi sebagai forum tertinggi PD. Ketuanya saya sendiri, wakilnya saudara Anas Urbaningrum. Tujuh anggota lain Wakil Dewan Pembina Marzuki Alie, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Jero wacik, Wakil Ketua Umum Max Sopacua dan Jhonny Alen, Sekjen PD Edhie Baskoro, Sekretaris Dewan Kehormatan TB Silalahi dan Direktur Eksekutif Toto Riyanto. Itulah sembilan anggota Majelis Tinggi.

Dan yang saya bicarakan malam ini maka secara ringkas saya akan menyampaikan opsi dan solusi yang akan ditempuh dan dijalankan PD untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh PD.

Tekad kami adalah ingin melakukan tindakan yang cepat dan nyata bagi penyelamatan partai yang itu dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Ketua Majelis Tinggi bertugas berwenang dan bertanggungjawab untuk memimpin penyelamatan dan konsolidasi partai.

2. Segala keputusan kebijakan dan tindakan partai ditentukan dan dijalankan oleh Majelis Tinggi Partai. Ketua Majelis Tinggi partai mengambil keputusan dan arahan penting yang strategis.

3. Elemen-elemen utama partai, utamanya Fraksi di DPR beserta Dewan Pimpinan Daerah dan DPC berada dalam kendali dan bertanggungjawab kepada partai kepada majelis tinggi sesuai hierarki partai.

4. Majelis tinggi melakukan penataan organisasi partai untuk meningkatkan kredibilitas partai

5. Keputusan majelis tinggi Partai mutlak dijalankan. Dan yang tidak menjalankan akan diberikan sanksi tegas. Termasuk yang tidak nyaman dengan kondisi elektabilitas PD sekarang ini dan atau yang tidak suka dengan kebijakan penyelamatan partai yang dipimpin Ketua Majelis Tinggi partai kita silahkan meninggalkan partai dan kita ucapkan terima kasih dan kita isi dengan pejabat partai yang baru.

6. Penertiban partai oleh majelis tinggi berakhir setelah nama baik dan kondisi partai kembali pulih dan normal.

7. Kepada Ketum Partai Demokrat saudara Anas Urbaningrum yang tetap menjaga wakil majelis tinggi sementara saya memimpin langsung gerakan penataan dan pembersihan partai ini, saya berikan kesempatan untuk memberikan kesempatan untuk menghadapi masalah hukum dengan harapan keadilan benar-benar tegak dan tim hukum siap untuk memberikan bantuan hukum.

8. Dengan ridho Allah SWT, PD melakukan penataan dan pembersihan partai dari unsur-unsur negatif dulu, baru melakukan ikhtiar untuk pembersihan pada pemilu 2014 mendatang.

Dari 8 butir yang kami bicarakan ini, maka agenda dan tindakan prioritas atau langkah-langkah konkrit adalah sebagai berikut.

1. Dilakukan penandatangan fakta integritas oleh seluruh kader partai, utamanya DP, DK, DPP, DPD, DPC baik legislatif maupun daerah, saya harapkan penandatanganan fakta integritas ini selesai pada bulan ini Februari 2013. Bagi pejabat Partai Demokrat yang tidak bersedia menandatangani Fakta integritas itu akan kita lakukan pemberhentian.

2. Melakukan reposisi terhadap personil partai untuk mencegah terjadinya penyimpangan baru. Termasuk kader yang menjadi anggota badan anggaran. Acuan dari pergantian adalah kapasitas, the right person in the right place.

3. Setiap kader utama menyerahkan laporan harta kekayaannya kepada komisi pengawas partai. Kita akan menganut dan mengikuti format yang berlaku yang ditetapkan KPK. Sama format dan pengisiannya. Setiap anggota partai berhak untuk mengetahui NPWP-nya.

4. Di samping melalui seleksi yang ketat dan fakta integritas merupakan syarat penentuan anggota legislatif, calon gubernur, calon presiden dan wapres yang akan diusung Partai Demokrat masa mendatang. Bagi kader yang tidak bersedia menandatangani fakta integritas dan menandatangani tidak akan pernah dicalonkan oleh Partai Demokrat untuk posisi apapun.

5. Saya lihat, manajemen partai dewasa ini tidak berjalan dengan baik, sebagaimana layaknya manajemen organisasi yang profesional. Saya ingin menegakkan manajemen disiplin dan partai yang baik.

6. Menata dan menertibkan public realtion partai termasuk siapa saja yang memberikan otoritas dalam memberikan pernyataan pers, talk show televisi sesuai mekanisme yang ditetapkan public relation ini. Saya melihat public relation yang dijalankan Partai Demokrat selama ini kurang cerdas, sering saling menyudutkan dan bahkan gagal menyampaikan banyak hal yang telah dilakukan oleh pemerintah dan Partai Demokrat sendiri.

7. Dalam waktu dekat akan ada rapat pimpinan yang dihadiri oleh majelis tinggi dan pengurus partai. Kemudian setelah itu akan ada rapat pimpinan nasional hingga tingkat DPC. Saya akan pastikan bahwa gerakan penyelamatan penertiban Partai Demokrat terjadi di seluruh indonesia.

8. Meskipun Pemilu 2014 sudah relatif dekat, Partai Demokrat akan memprioritaskan penataan dan penertibah demokrasi. Partai Demokrat yakin pada saatnya nanti rakyat akan lebih menyukai parpol yang para kadernya pandai dan amanah. Prinsip saya lupakan dulu pemilu 2014, Partai Demokrat akan memfokuskan pikiran waktu dan tenaganya untuk menata, membersihkan, dan mengkonsolidasikan partai agar bisa kembali ke prinsip ke jati diri saat partai ini saya gagas dan dirikan bersama teman-teman. Kita tata dan kita bikin dulu baik partai ini setelah ini kami bisa menyampaikan kepada bangsa Indonesia.

Itulah saudara-saudara yang perlu saya sampaikan malam ini dari majelis tinggi diperluas, ini adalah awal di jajaran Partai Demokrat yang saya pimpin langsung dengan harapan langsung Partai Demokrat bisa menjadi partai yang berkontribusi langsung untk negaranya dan masa depan. 




Comments