PROFIL TATA DADO SANG PENGHIBUR Cewek Jadi-Jadian Tutup Usia

FOTO TATA DADO Biografi Komedian Sejati (Biodata) PROFIL TATA DADO SANG PENGHIBUR Cewek Jadi-Jadian Tutup Usia. Di panggung hiburan Tanah Air, komedian Tata Dado memang punya daya tarik khusus. Ia kerap muncul sebagai lelaki yang jadi perempuan alias "cewek jadi-jadian". Lihat gambar Tata Dado meninggal dunia 2013 dan daftar nama pemain inti Timnas Indonesia diumumkan Rahmad Darmawan.

Aksinya di atas panggung kerap mengocok perut para penontonnya. Dari badannya yang gempal dengan dandanan lengkap seorang wanita, sosoknya sudah langsung membuat banyak orang geli dibuatnya.

Di atas pentas, Tata memang punya pesona sendiri. Selain banyolan-banyolannya, penampilannya pun selalu mencuri perhatian. Ia selalu muncul dengan dandanan yang meriah dan glamor. Mulai dari gaun panjang hitam "bling-bling" yang ketat membentuk tubuh, sepatu berhak tinggi, rambut panjang terurai, hingga selendang bulu-bulu yang dikalungkan di lehernya.

Pernah suatu waktu, saat mengisi acara Angin Malam di RCTI yang dipandu Peggy Melati Sukma, ia hadir bersama Didik Nini Thowok. Topiknya saat itu soal "cewek jadi-jadian".

Acaranya mendapat perhatian banyak penonton yang menelepon ke studio dan bertubi-tubi mengajukan pertanyaan. Umumnya soal "kelelakian" mereka.

Lantas apa jawaban Tata kala itu? "Aku memang mencari makan pakai baju perempuan," ujar pria yang memiliki nama lengkap Safei Valivan Dado tersebut.

"Aku enggak mikir orang mau nganggep aku apa. Tapi, yang jelas, aku dandan kayak perempuan hanya di panggung. Di luar panggung, aku tetap laki-laki," jawabnya kala itu (Kompas, Minggu, 6 Januari 2002).

Bersama kelompoknya, Silver Boys, secara rutin Tata tampil di sebuah acara hiburan di salah satu stasiun televisi swasta. Mereka menyanyikan lagu secara lipsync, membawakan lagu-lagu penyanyi cewek seperti Dolly Parton, Dionne Warwick, Natalie Cole, Gladys Knight, hingga Whitney Houston.

Di atas panggung, Tata mengaku tak punya patokan dalam berdandan perempuan. Pokoknya, pakaian panggung, dan harus kelihatan mahal. Merias wajah, memasang rambut palsu, stocking, hingga pakaian ala artis lengkap dengan selendang bulu, semua ia lakukan sendiri.

Tak jarang memang orang, katanya, menanyakan tentang kehidupan yang dijalaninya, seperti pernikahan, atau hubungannya dengan wanita lain. Hal itu hanya ia tanggapi dengan kalimat bahwa hal seperti itu merupakan urusan pribadi, terlepas dari masalah profesi.

"Aku akan tetap berkarier seperti ini selama masih kuat. Terserah orang mau komentar apa," tukasnya.

Tata Dado mulai dikenal publik Tanah Air ketika ikut bermain dalam sinetron komedi Lenong Rumpi II (1992). Di serial tersebut, Tata menjadi anak Marlena, tokoh yang dimainkan Debby Sahertian. Ia bermain bersama komedian lainnya seperti Ade Juwita, Harry de Fretes, dan Robby Tumewu.

Kini, kekonyolan dan tingkah lucunya masih akan tetap dikenang, meski ia telah berpulang. Ya, Senin (18/3/2013), sekitar pukul 16.30 WIB, Tata Dado mengembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan penyakit komplikasi: diabetes, hipertensi, radang paru-paru, dan terkena stroke sejak satu tahun lalu.

Selamat jalan Tata, sosokmu tetap akan dikenang....

Profil Biodata Tata Dado:
Nama lahir Safei Salifan Dado
Lahir Jakarta, 12 Juni 1965
Meninggal Jakarta, 18 Maret 2013 (umur 47)
Pekerjaan Komedian
Tahun aktif 1990 - sekarang

Perjalanan karir Tata Dado:
Tata Dado mengawali kariernya di industri hiburan Indonesia pada tahun 1990 melalui acara komedi Lenong Rumpi. Tata juga mendirikan sebuah grup komedi bernama The Silver Boys. Selain komedian, Tata juga dikenal sebagai presenter dan ikut membintangi beberapa judul film.

Comments